Harddisk

Harddisk adalah suatu device atau komponen pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data (storage) dan juga termasuk dalam salah satu memory eksternal dari sebuah computer. Harddisk  merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer  yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hardisk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle.

Piringan di dalam hard disk biasanya terbuat dari kaca atau aluminium. Ini adalah bahan yang pada permukaannya dipoles magnet yang membuat piringan tampak mengkilap, seperti cermin. Permukaan yang dipoles sangat penting dijaga kebersihannya untuk berfungsinya harddisk,  bahkan debu terkecil pun dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Hard Disk modern rata-rata memiliki beberapa piringan di dalamnya. Ada celah kecil di antara setiap platter, yang memungkinkan setiap head piringan untuk berjalan mulus di atasnya. Semua Head berada di lengan yang sama, memiliki cabang terpisah untuk setiap head, agak mirip dengan tines dari garpu berbalik pada sisinya.

Harddisk juga memiliki beberapa komponen di dalamnya, yaitu :
1.Platter
Piringan, biasanya dibuat dari alumunium yang dilapisi dengan bahan magnetik. Pada permukaan platter inilah data pada hard disk disimpan. Sebuah haRd disk bisa memiliki beberapa buah platter yang bekerja simultan.
2.Lengan pembaca
Komponen ini menyangga head yang berfungsi untuk membaca/menulis pada permukaan platter. Lengan ini dikontrol melalui sebuah mekanisme yang digerakkan oleh sebuah motor-linear. Mekanisme ini bergerak dengan kecepatan dan presisi yang sangat tinggi. Lengan pembaca pada kebanyakan hard disk saat ini mampu bergerak dari pusat hingga pinggir platter, dan kemudian kembali ke pusat sebanyak 50 kali sedetik.

Pos ini dipublikasikan di Harddisk, Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s